JENIS- JENIS KUDA

Penulis
Nama   : Dewi Wijayanti
NPM   : 1014061028
P.S       : Peternakan

Mata Kuliah    : Produksi Aneka Ternak dan Satwa (TNK 212)
Dosen              : Ir. Arif Qisthon, M.Si.



Jurusan Peternakan
Fakultas Pertanian Universitas Lampung
Bandar Lampung
8 Mei 2012






JENIS – JENIS KUDA

Jenis – jenis kuda di dunia sebanarnya ada banyak, tetapi dalam tugas ini akan dibahas hanya 3 jenis kuda saja. Jenis kuda yang akan dibahas antara lain:

1.                  American Cream Horse
American Cream Horse berasal dari Lowa dan merupakan keturunan dari kuda betina yang tidak diketahui asalnya, berwarna cream, dan menghasilkan keturunan yang semuanya berwarna cream. Kuda ini merupakan kuda langka yang dikembangkan di daerah perkebunan di negara Amerika Serikat sebelah selatan, beratnya sekitar 820 kg dan tingginya 163 – 170 cm. Kuda ini memiliki kepala yang halus, muka tidak cekung atau cembung, dada lebar, bahu miring dan pendek, serta punggung yang kuat.
Kuda ini merupakan bangsa yang tidak lazim, karena tidak berasal dari pejantannya, tetapi induk yang mempunyai potensi yang besar (kemampuan untuk menurunkan karakteristik yang sama pada keturunannya).

2.                  Arabian Horse
Arabian Horse merupakan jenis kuda yang berasal dari Semenanjung Arab. Kuda ini memiliki dahi yang lebar, mata besar, hidung besar, dan penutup mulut yang kecil, serta tingginya 145 – 155 cm. Warna kuda ini abu – abu, cokelat, hitam, dan roan. Warna abu – abu dan coklat merupakan warna yang umum.
Karakteristik yang menonjol dari kuda Arab ini adalah kecepatan, daya tahan tubuhnya dan kecantikannya. Kuda ini dikenal mempunyai sifat yang jinak, tampak lebih suka bersahabat dengan manusia, hal inilah yang membuat kuda ini disukai oleh pemiliknya.

3.                  Shetland Pony
Shetland Pony merupakan kuda poni yg berasal dari Shetland. Kuda ini memiliki ciri – ciri kaki pendek, dianggap cukup cerdas, tingginya 107 cm, dan berwarna  terutama hitam, cokelat, teluk, abu-abu, Palomino, dun, roan, cremello, dan menjadi belang-belang perak.
Kuda ini mula- mula digunakan dalam tambang batu bara untuk menarik beban yang berat dalam ruang- ruang yang sempit. Kuda Pony cocok digunakan sebagai tipe pekerja. Kuda ini kecil, sifatnya keras, dan digunakan sebagai kuda tunggang untuk anak- anak. Selain itu kuda ini cenderung cepat marah dan keras kepala.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: